G. Mandalawangi




Sisi timur kab.Bandung berbatasan dengan Kab.Garut, satu wilayah konservasi bernama G.Mandalawangi yang kerap berdiri tegar dengan hutan konsevasinya di bawah pemangkuan hutan BKSDA Jawa Barat III dan sebagian pemangkuan PERUM perhutani Jawa Barat II. Meiliki keeksotikan tersendiri dengan hutan heterogen yang terdiri atas beberapa tumbuhan tropis besar;raksamala mahoni dan lain sebagainnya seperti dilain tempat hutan tropis biasanya. Kemudian dengan pohon pinus dan cemara yang bertengger kokoh dikaki Gunung ini. kecil memang wilayah ini, namun demikian punya ke kakhasan tersendiri. Mandalawangi merupakan daerah serapan yang potensial bagi wilayah Bandung timur dan Garut barat, termasuk diantaranya menjadi sumber penghidupan bagi beberapa daerah disekitarnya, kec.Cikancung, kec.Nagreg, wilayah Kab.Bandung dan Leles Kab.Garut.

Lokasi ini cocok dan menjadi menarik bagi beberapa kalangan khususnya para penggiat olahraga alam bebas. Selalin demograpinya yang menarik;wilayah kecil tapi masih terjaga habitatnya, Mandalawangi mudah dijangkau.
Eksotoknya serta keasrian Mandalawangi menjadi daya tarik tersendiri.
Tiga puncak utama yaitu : puncak I Mandalawangi (Masigit), puncak II (Kujang) dan puncak III Mandalagiri.
Empat puncak bayangan lainnya menjadi keelokan yang menantang bagi para pendaki pemula.

Mandalawangi dengan habitat khasnya sama halnya dengan kawasan-kawasan konservasi di Jawa Barat, Lutung, siamang dan beberapa jenis burung khas Jawa Barat( Elang Jawa ), masih hadir disini, macam kumbang pohon, babi hutan sesekali dapat kita temui.

Selain itu Mandalawangi memiliki daya tarik lain, dengan historisnya. Mandalawangi merupakan daerah penting “saksi” kesejarahan Galuh-Sunda. Karena disinilah ±400 M pernah berdiri sebuah pertapaan, terbukti dengan beberapa peninggalan kesejarahan dapat ditemui di kawasan ini. beberapa lingga dan penminggalan sejarah lainnya masih terjaga dengan apik.

Beberapa jalur yang dapat kita tempuh dalam mendaki Mandalawangi, diantaranya jalur Utara melalui kec.Nagreg Desa mandalawangi, Kp.Cibisoro. kemudian dari arah barat melalui Pasir Eunteung dan dari arah Selatan melalui jalur Kec.Cikancung, Ciheuleut-Cijapati. Kemudian dari arah Kab.Garut yaitu melalui lebak Jero.

Daya tarik lain, tepat di bagian selatan Mandalawangi sebuah daerah wisata peristirahatan yang syarat dengan hiburan dan udaranya yang sejuk, Cijapati kerap dilalui masyarakat yang hendak menuju Garut atau Bandung.
Pemandangan yang elok dari perkebunan yang terhampar luas menjadi daya tarik pedesaan Jawa Barat yang khas.


Bob ujo/kendan
(Foto;borolox)

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer